Print Kain Scuba Yang Populer Di Masa Pandemi

Kain scuba merupakan salah satu di antara berbagai jenis kain yang memiliki serat kain yang halus dan lembut. Dengan ketebalan kurang lebih 1-3 mm, membuat kain ini tergolong cukup tebal. Selain itu, kain scuba juga memiliki tingkat elastisitas dan peregangan yang sangat tinggi. Namun tingkat elastisitas dan peregangan kain scuba tergantung pada produksi pabrik.

Kain scuba termasuk kain yang sedang hits saat ini, banyak desainer menggunakan kain ini untuk bahan fashion yang dibuat. Memakai pakaian dengan bahan scuba akan membuat Anda terlihat lebih modis. Bahannya yang adem membuat kain scuba banyak dipakai dan populer terutama di awal masa pandemi.

print kain

Mengapa Print Kain Scuba Sangat Populer Di Masa Pandemi?

Penyebaran virus corona yang sangat cepat dan mudah membuat WHO dan pemerintah membuat aturan tentang protokol kesehatan. Mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker merupakan protokol kesehatan yang harus dilakukan. Hal ini, menyebabkan masker kesehatan menjadi langka dan mahal. Untuk mengatasi hal tersebut pemerintah menganjurkan penggunaan masker kain dan print kain scuba mendominasi.

Karakteristik Jenis kain Scuba

Beberapa karakteristik kain scuba, seperti bahannya yang tebal dan tidak tembus pandang membuat kain ini dipilih menjadi bahan unuk membuat masker. Jenis kain scuba juga memiliki karakteristik yang halus dan lembut serta tahan terhadap noda dan cepat kering. Kain scuba juga terbukti tahan terhadap berbagai cuaca termasuk yang ekstrim sekalipun.

Print kain scuba dengan berbagai warna ini sering dipakai untuk membuat baju renang dan baju olahraga lainnya. Hal tersebut karena sifat dari kain ini yang tahan air dan sangat elastis. Dengan berbagai karakteristik tadi, tak heran jika banyak orang memilih kain ini sebagai bahan untuk membuat masker.

Print Kain Scuba Mudah Dan Harga Bersahabat

Pengerjaan printing kain scuba tergolong mudah dan seberhana. Proses cetaknya menggunakan printing sublime, sebuah metode mencetak gambar yang berupa file langsung ke berbagai media termasuk kain scuba. Jika hanya mencetak masker bisa menggunakan printer biasa hanya saja tintanya khusus tinta sublimasi yang berbahan dasar minyak.

Dengan metode printing sublime, print kain scuba menjadi lebih mudah dan cepat. Proses produksi yang cepat dapat mengurangi biaya produksi, sehingga harga jual kain scuba cukup bersahabat dengan kantong. Masker scuba juga otomatis ikut bisa dijual murah di pasaran. Meski murah motif kain scuba printing cukup beragam dan menarik dengan warna-warna cerah yang indah.

Namun, saat ini pemerintah tidak menganjurkan penggunaan kain scuba sebagai masker karena tingkat perlindungan hanya 5% saja. Hal ini, karena masker scuba yang dijual bebas hanya terdiri dari 1lapis kain saja. Sedangkan WHO menetapkan masker kain yang aman terdiri dari 3 lapis. Meski begitu, masih banyak masyarakat yang menggunakan kain scuba sebagai masker dengan alasan lebih nyaman dan murah.

Demikian tadi bebrapa alasan mengapa print kain scuba sangat populer di masa pandemi. Meski penggunaan masker scuba tidak dianjurkan, namun popularitas kain scuba tidak menurun. Hal ini, karena kain scuba dengan berbagai motif dan karakteristiknya masih menjadi bahan favorit untuk produk fashion dan produk lain.